Sabtu, 18 Oktober 2008

body of lies

sebelumnya sih gw belum pernah ntn film yang sama smpi 2 kali di gedung bioskop. tp untuk film ini 'exceptional', yg pertama gw ntn hari selasa kmrn di setiabudi buildding trus yg kedua gw ntnnya hari jumat kemaren di holywood k.c. jujur aja gw ntn ini bukan karena suka tp karena terpaksa hehehee, secara film2 yg 'layak tonton' lainnya dah gw tonton semua n hasrat gw utk ntn gi gede2nya ya sud i choose this film than another.

actually tipe2 film tentang (sok) hebatnya c.i.a n sgla pernak-perniknya tuh gw suka...ditambah lagi 2 film ini dibitangi oleh aktor2 fav gw leonardo di caprio n russel crowe. kalo tema ceritanya sih gw gak begitu suka. film ini bercerita tentang seorang agen c.i.a yg roger ferris yg diperankan oleh leonardo di caprio anak buah ed hoffman yg merupakan deputy c.i.a urusan midwest dan diperankan oleh russel crowe yg menjadi atasan langsung dari roger ferris.

ceritanya dimulai sebuah video pidato tentang jihad oleh seorang ulama bernama al-salaam dan sekawanan fundamentalis sedang merancang bomb dan kemudian melakukan 'suicide bombing' pada saat akan digerebek oleh kepolisian inggris di sebuah kawasan pemukiman asia didaerah manchester. dari situ alurnya bergerak ceritanya bergerak ke wilayah samarra di irak, dan disinilah aksi rogger ferris yg bahu-membahu dengan ed hoffman untuk menumpas jaringan fundamentalis yang berbasis di yordania.

kalo tentang peng-karakteran tokoh2 dan akting dari para aktor2 tsb klo menurut gw 'no doubt' they are excellent. tp klo ttg cerita film tsb menurut gw bisa jadi menyesatkan dan sebagai media untuk 'brain wash'. di film itu amerika dhi holywood sudah berusaha untuk fair dengan menonjolkan dan menyampaikan pesan bahwa bukan ajaran islam yang salah tp para fundamentalis itu yang digambarkan salah dalam menginterpretasikannya, dan digambarkan disitu bahwa munculnya fundamentalis sebagai reaksi dari arogansi dan keserakahan amerika, dan amerika pun berdalih bahwa apa yang dia lakukan adalah sebagai bentuk self-defence dari serangan teror yang dilakukan fundamentalis.

back to my statement kenapa film itu menyesatkan....karena di film itu pesan yang ingin disampaikan adalah 'tidak ada yang salah dalam bisnis ini'. look,.....perang dengan ratusan ribu korban manusia dianggap bisnis (sinting), dan dalam bisnis nothing is personal.... dan memang ada billion dollar yg bergerak dalam bisnis perang ini. sejak awal pesan itu sudah disampaikan secara tersamar dalam film ini plus ditambah juga statement terakhir dari edd hoffman kepada roger ferris dibagian akhir dari film semakin menguatkan hal tersebut. (sinting....aksi bunuh2an, bomb bunuh diri, mass killing, torture, dsbnya dianggep sebagai salah satu penopang dalam bisnis ini)

jadi kesimpulannya menurut gw, pesan yang ada dalam film ini adalah...masing2 pihak berhak untuk tetap melakukan dan melanjutkan apa yang ada didepannya sekarang....fundamentalis dengan aksi terornya dan amerika dengan kebijakan unilateralnya....n pada akhirnya perang antara fundamentalis melawan kapitalis akan menjadi sebuah never ending war....karena jelas dalam perang ini tidak ada yang kalah dan menang....akan terus seperti itu sampai salah satu pihak menemukan musuh yang baru....well somebody have to make sure that the 'war bussiness' keep moving on (itu yg ada dibenaknya para kapitalis)....as information ajahh biaya perang di irak sampai saat ini sudah mendekati angka USD 800 billion....sebagai perbandingan cadangan devisa kita aja belum lewat
USD 60 billion....

keserakahan manusia pada akhirnya hanya akan membuat
manusia yang gila lah yang waras...

Tidak ada komentar: